KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.52318/jisip.2022.v36.1.5Keywords:
Service Quality, Student Satisfaction, Poltekkes, Kepuasan mahasiswa, Kualitas pelayananAbstract
As a university that aims to produce competitive human resources, especially in the field of midwifery, the Department of Midwifery Poltekkes, Ministry of Health Denpasar should provide good administrative services. The purpose of this study was to find out the most dominant factors of the students’ satisfaction with the quality of administrative services of the Department of Midwifery, Poltekkes, Ministry of Health, Denpasar. Seventy-six students were chosen as the samples of this study. They were determined with proportional stratified random sampling. The data were collected by conducting observations, interviews, literature studies, documentation, and questionnaires. The data were then analyzed using quantitative descriptive analysis. The results of the analysis show that the students are satisfied with the quality of administrative services of the Department of Midwifery Poltekkes Denpasar Ministry of Health in terms of tangibility, reliability, responsiveness, assurance, and empathy.
References
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Nikmah dan Rasyid. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan ((Studi Kasus Pada Pelanggan Divisi Local Government Service PT. Telkom Indonesia, Kebon Sirih Jakarta). Jurnal Manajemen FE-UB, 7(1), 47–67. Retrieved from https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/674.
Parasuraman. (2002). Communication and Control Process in the Delivery of Service Quality. Journal of Marketing.
Rahmawati, A. N. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Retrieved from http://repository.upnjatim.ac.id/3797/ %0A %0A.
Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi.
Sudarsito. 2004. ”Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah pada PD BPR Bank Pasar Kabupaten Karanganyar”, Tesis Tidak Dipublikasikan, Program Pascasarjana UMS, Surakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H. (2014). Pengaruh Layanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka. PENGARUH LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS TERBUKA PADA UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) MATARAM, 15(2), 88–98. Retrieved from https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.592.2014.
Timotius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi sebagai berikut:
Hak cipta:
- Hak Cipta pada setiap naskah adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berhak sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Lisensi:
- Atribusi: Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Berbagi Serupa: Apabila Anda menggubah atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada batasan tambahan: Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Anda bebas untuk:
- Berbagi menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun.
- Beradaptasi mengubah dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Pemberitahuan:
- Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan.
- Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi Creative Commons.