UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI UNIT PELAYANAN TEKNIS DAERAH (UPTD)

Authors

  • Sugiantiningsih Agung Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti Denpasar
  • Cok Istri Mas Kusumaningrat Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti Denpasar
  • I Ketut Gede Gandhi Coryka Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti Denpasar

Keywords:

employee service, quality enhancement,, pelayanan pegawai, peningkatan kualitas

Abstract

Improving professionalism means improving the quality of service to the public. This urgent matter has to be done with good planning and directing so that the good service could be sustainable. However, in the one-roof public service unit sub-branch Kuta office or Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD), this matter lacked attention. Consequently, the performance of the civil servants in this unit had not improved. This study was held based on the consideration that the bureaucracy in this unit was too complicated that it could lead to bribery and extortion. The author used quantitative approach and collected the data by giving questionnaire and documenting (that resulted in qualitative data). Based on the analysis, the author concluded that the efforts to improve the service quality to the public in this could be done well. 

 

Peningkatan kualitas pelayanan pegawai menjadi sangat urgen dan perlu dilakukan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme. Namun disisi lain yang terjadi pada Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) cabang pembantu Kantor Samsat Kuta, Peningkatan kualitas pegawai sering kurang mendapat perhatian. Adanya kendala mengenai pengembangan kemampuan pegawai menyebabkan kualitas kerja cenderung belum dapat diwujudkan. Atas latar pemikiran diatas penulis mengangkat judul "Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Pegawai Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Bapenda Provinsi Bali di Kabupaten Badung Cabang Samsat Pembantu Kuta" untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bagaimana Kualitas Pelayanan Pegawai Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali Di Kabupaten Badung Cabang Samsat Pembantu Kuta. Penelitian ini dilaksanakan dengan dasar pertimbangannya antara lain: persoalan pelayanan publik kantor Samsat yang masih dianggap berbelit-belit dan banyak kesempatan Pungutan Liar (PUNGLI) oleh oknum-oknum pelayan publiknya. Dalam penelitian ini  penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka, metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik kuisioner, yang di barengi dengan teknik dokumentasi, yang akan memberikan bentuk data dalam jenis yakni data kualitatif, dan data kuantitatif yang bentuknya merupakan data bilangan , yang di dapat dari pemberian skor jawaban kuesioner. Dari penelitian yang penulis sudah lakukan dapat dikatakan bahwa Upaya Peningkatan Pelayanan Pegawai pada (UPTD) Bapenda Provinsi Bali di Kabupaten Badung Cabang Samsat Pembantu Kuta, telah berlangsung dengan baik dan seluruh indikator tergolong sangat baik.

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Hadi, Sutrisno. 1982. Statistik, Jilid I, UGM Yogyakarta: Fakultas Psikologi

J.P.G Sianipar. 1999. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta : LAN.

Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali Nomor I Bali Nomor 2 Tahun , 1985 Ilmu Pemerintahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rachmadi. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Kabupaten Karimun. Tugas Akhir Program Magister Universitas Terbuka. Jakarta. Tidak dipublikasikan

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:, Alfabeta.

Widodo, Joko. 2001. Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Malang: CV. Citra Malang.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Agung, S., Kusumaningrat, C. I. M., & Gandhi Coryka, I. K. G. (2021). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI UNIT PELAYANAN TEKNIS DAERAH (UPTD). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 34(2), 158–176. Retrieved from https://e-journal.stispolwb.ac.id/index.php/jisip/article/view/40