KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN BARISTA BAGI KEPUASAN KONSUMEN KEDAI HERMESS KOPI
DOI:
https://doi.org/10.52318/jisip.2022.v36.1.3Keywords:
Barista, Consumer, Product, Service, Coffee Shop , Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Barista, Kepuasan Konsumen, Kedai KopiAbstract
The objectives of this study are to determine whether there is a significant effect of product quality on consumer satisfaction at Hermess Kopi Dalung shop in 2021, to determine whether there is a significant influence on the quality of Barista service on consumer satisfaction at Hermess Kopi Dalung shop in 2021, and to find out whether there is a significant effect of product quality and barista service quality on consumer satisfaction at the Hermess Kopi Dalung shop in 2021. The method used in this research was descriptive qualitative. Research informants in this study were consumers of the Hermess Kopi Dalung Store in 2021. Sampling was done by interviewing 5 respondents including students and private company employees. Researchers can conclude that the quality of products of the Hermess Kopi shop are very popular to customers. The products are coffee, frappe and snacks. This quality is greatly influenced by the skill of the baristas. They are friendly to the customers so that they feel comfortable and satisfied with the service.
References
Apriyani, Sunarti. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Konsumen. Survey pada konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo. Jurnal Administrasi bisnis vol. 51, No 2.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management 14th edition. New Jersey: Prentice.
Kotler, Philip and Keller, Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. 15th edition. New Jersey: Prentice.
Rangkuty F. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Satisfied’ Customer, Bank Marketing. ABI/INFORM Global.
Saraswati, Kumadji. 2013. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. (Survey Pada Pelanggan Coffe shop Star Bucks di Surabaya.) Surabaya: Jurnal Administrasi Bisnis.
Setiawan, Andayani. 2016. Analisis kepuasan konsumen (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Apik di wilayah Majalengka). Jurnal ilmu pertanian dan peternakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi sebagai berikut:
Hak cipta:
- Hak Cipta pada setiap naskah adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berhak sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Lisensi:
- Atribusi: Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Berbagi Serupa: Apabila Anda menggubah atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada batasan tambahan: Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Anda bebas untuk:
- Berbagi menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun.
- Beradaptasi mengubah dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Pemberitahuan:
- Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan.
- Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi Creative Commons.